Senin, 21 November 2016

SEO, SEM, SMM, & SMO

Pengertian SEO !



 

SEO singkatan kata dari Search Engine Optimization, yakni sebuah proses atau kampanye untuk mendorong peringkat sebuah website pada hasil penelusuran mesin pencari, entah itu metode alami maupun berbayar. Kampanye SEO bakal berjalan mulus jika website menganut beragam elemen yang “disukai” oleh mesin pencari. Selain itu perlu ditopang dengan ketepatan pemilihan kata kunci (keyword) yang minim pesaing.
Memenangi SEO perlu menaklukkan dua area dasar untuk mendorong peringkat di hasil penelusuran, yakni on-page dan off-page. Optimasi on-page terpusat pada beragam elemen website yang menyokong sebuah laman web seperti gambar, konten tekstual dan kode HTML. Sedangkan optimasi off-page terpusat pada penyebaran lebih banyak backlink, yakni tautan (link) menuju website yang sedang dioptimasi.
Selain on-page dan off-page, ada tiga metode SEO yang berpengaruh pada peringkat hasil penelusuran mesin pencari yaitu: white hat, black hat dan gray hat. Jika ingin website lebih disukai oleh Google dan sejenisnya, pilih white hat ketimbang black hat. Namun sebagian perusahaan jasa SEO justru menawarkan metode gray hat dimana harganya lebih terjangkau ketimbang white hat.

Berikut adalah penjabaran nya agar mudah di mengerti

Url Website ( di ambil dari Republika.co.id )


dapat kita lihat bahwa URL semacam ini sangat susah di ingat oleh orang lain, oleh sebab itu kemungkinan untuk website/blog tersebut di datangi atau di visit oleh orang lain sangat kecil.

Pencarian Berdasarkan Keyword di Mesin pencari

Keyword "berita pemilu" melalui mesin pencari Google.co.id

Maka melalui keyword yang di ketikan di mesin pencari, website/blog para webmaster/bloger akan lebih mudah untuk ditemukan.

Beberapa kunci singkat SEO

Optimisasi Content
Content yang harus dibuat harus sesuai dengan keyword yang di pakai, harus orisinil hasil pemikiran sendiri dan tidak Copy paste dari artikel website orang lain.

Sitemap
Website/blog harus menyediakan sitemap agar mesin pencari dapat mencrawl struktur dari website/blog tersebut dengan mudah, sehingga akan lebih cepat muncul di mesin pencari

Internal & External Link
Internal link bermaksud agar setiap halaman artikel website terhubung satu sama lain, yang bermaksud agar halaman perhalaman dari artikel di website memiliki hubungan timbal balik. Sedangkan External link dibuat di luar dari website/blog tersebut, maksudnya adalah link ke artikel dari website/blog kita yang kita sematkan di website orang lain/forum yang berkaitan dengan isi dari artikel di dalam website/blog tersebut.

Google Webmaster Tools
Submit atau masukan website/blog yang ingin kita SEO kan ke http://www.google.com/webmasters/tools, fungsi dari Google Webmaster Tools ini adalah agar kita dapat memaksimalkan website/blog melalui tools-tools SEO yang disediakan oleh google.

Manfaat SEO

Teknik SEO sebenarnya banyak memberikan dampak positif bagi para pemilik website atau blog. Dampaknya sendiri tergantung dari tujuan website itu sendiri, seperti contohnya website affiliate ditambah dengan teknik SEO maka akan meningkatkan penjualan produk affiliate. Adapula website jualan online dipadukan dengan SEO maka pengunjung meningkat, sama dengan penjualan akan semakin meningkat, dan konsumen akan terus kembali ke website anda (Sistem Kepercayaan).
Lainnya anda dapat melihat website berita atau informasi tips, trik, tutorial bila ditambah dengan SEO maka pengunjung website akan lebih tertarget dan website semakin meningkat aktifitas pengunjungnya. Berikut manfaat lainnya bila SEO digabung dengan website atau blog:
  • Website menjadi ramai dengan pengunjung tertarget kata kunci
  • Pelanggan terus berdatangan ke website
  • Secara tidak langsung meningkatkan pendapatan anda sebagai publisher
  • Cache penulusuran di Search Engine menjadi yang paling utama
  • Bisnis di dalam website menjadi berkembang
  • Penjualan produk akan semakin meningkat
  • Adanya timbal balik ke website affiliate produk
  • dan lainnya

Pengertian SEM !



SEM singkatan kata dari Search Engine Marketing adalah tipe internet marketing yang berhubungan dengan riset, submit dan posisi dari sebuah website pada hasil penelusuran mesin pencari demi meningkatkan jumlah pengunjung, entah itu alami atau berbayar. SEM bukan sekedar SEO biasa melainkan turut mengusung beragam elemen penting untuk memperoleh trafik lebih banyak, yakni riset kata kunci, analisis kompetitif, posting berbayar (paid listings) dan sejumlah layanan dari mesin pencari.
SEM punya jangkauan lebih luas ketimbang SEO. Jika tujuan utama SEO memperoleh hasil penelusuran lebih baik di mesin pencari, maka SEM bertujuan memperoleh pengunjung tertarget dari mesin pencari melalui iklan berbentuk link pada hasil penelusuran selain pencarian alami untuk memperoleh pengunjung tertarget menuju website.

Sistem Kerja

Sistem pembayaran yang diterapkan dalam SEM umumnya adalah PPC (Pay Per Click) atau Pay Per Impression. Untuk PPC adalah sistem pembayaran iklan dengan perhitungan berdasarkan banyaknya Click yang dapat dilakukan oleh custumer yang click ke iklan tersebut. Pay Per Impression sistem periklanannya lebih kepada berapa kali penayangan iklan tersebut.

Fungsi SEM

SEM berfungsi untuk meningkatkan pengunjung dan pastinya akan meningkatkan popularitas, serta kata kunci yang akan ditargetkan. Dengan menggunakan SEM dapat dengan langsung menargetkan area pemasaran sesuai dengan target customer yang sesuai dengan produk kita. Jadi selain menjalankan SEO anda juga dapat memanfaatkan SEM, walaupun mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Singkatnya SEM adalah istilah yang lebih luas atau diatasnya SEO, dimana tujuan SEO untuk meningkatkan ranking dan pengunjung organik, namun SEM lebih ke penargetan pengguna Search Engine melalui iklan yang dibayar berupa link yang menuju ke website bisnis kita. Seperti contoh kita yang mempunyai produk "Alat Pemadam Api" dan ingin mendapatkan pengunjung dari orang yang mengakses kata kunci tersebut melalui search engine, maka kita bisa mendaftarkan website kita ke Google Adwords.

Setelah melalui berbagai ketentuan dan sampai pada tahap akhir, maka iklan kita akan diterima dan ditayang di pencarian yang relevan dengan kata kunci yang kita maksudkan. Sekian penjelasan mengenai Pengertian SEM (Search Engine Marketing). Selanjutnya saya akan membagi banyak tips mengenai teknik lainnya seperti SMM bagi anda. Mau tau apa itu SMM dan kegunaan serta manfaatnya bagi website dan bisnis online anda? Ditunggu artikel selanjutnya mengenai SMM.

 

Pengertian SMM (Social Media Marketing)!

 

SMM singkatan kata dari Social Media Marketing merupakan sebuah metode gratisan atau berbayar untuk memperoleh trafik tertarget menuju website dengan mengandalkan Facebook, Twitter ,LinkedIn, Pinterest, YouTube, Google+ dan jaringan sosial media lainnya. Bisa dikatakan bahwa SMM merupakan upaya dongkrak “nilai jual” sebuah website melalui sosial media, entah itu gratisan atau berbayar via pemasangan iklan.
SMM terbagi menjadi dua area dasar yakni Social Media Optimization (SMO) dan Social Media Advertising (SMA). Tujuan utama SMO yaitu meningkatkan jumlah trafik tertarget menuju website melalui aktivitas sosial di dunia maya seperti blogging, tulis update status di sosial media, terlibat diskusi grup, sosial bookmarking, viral, manajemen reputasi online, polling atau rating pengguna, feedback, tombol sharing dan penggunaan situs berbagi foto dan video.
Sedangkan tujuan utama SMA yaitu meningkatkan jumlah trafik tertarget sebuah website melalui layanan iklan dari jaringan sosial media. Metode ini mewajibkan pemilik website membayar layanan agar iklan promosi muncul di laman sosial media seluruh pengguna demi dongkrak “nilai jual” dan pengikut (follower).

 

Manfaat SMM

Teknik SMM pasti dan harus dilakukan oleh para pemilik Website dan Bisnis Online, dikarenakan teknik SMM lebih mudahmurah dan efisien. Cara kerja SMM adalah dengan membangun area pasar dan link Website Bisnis Online yang dibagikan ke berbagai Social Media. Link yang telah dibagikan mampu memberikan dampak untuk menjaring banyak pengunjung baru yang tertarik dan mungkin saja akan menjadi pengunjung tetap dari Website Bisnis Anda. 

Manfaatnya lainnya adalah mempercepat pemasaran produk ke berbagai kalangan di berbagai Social Media contohnya seperti pemasaran produk Affiliate PegiPegi. Dikarenakan perkembangan Social Media yang terus meningkat, membuat pencapaian pemasaran produk menjadi lebih cepat untuk mengenai target pasar yang diinginkan. Dampak lain dari penggunaan teknik SMM adalah terbentuk banyak Backlink yang akan mendongkrak ranking dan popularitas dari Website Bisnis Online anda di mata Search Engine Google.

 Sudahkah anda membangun area Bisnis Online di berbagai Social Media? Bila belum cobalah untuk membangun area Bisnis Online anda diberbagai Social Media secara bertahap. Dimulai dari pembangunan Social Media disatu tempat dan fokuslah, atau anda juga dapat membangun dua Social Media secara bersamaan. Sekian penjelasan mengenai Pengertian SMM dan Manfaatnya. Selanjutnya saya akan membagikan banyak artikel mengenai Teknik Pembangunan SMM bagi Website Bisnis Online anda.

Pengertian SMO!




SMO singkatan kata dari Social Media Optimization, yakni sebuah metode meningkatkan jumlah trafik tertarget menuju website via aktivitas sosial media. SMO bisa dikatakan sebagai proses meningkatkan kesadaran pengguna internet terhadap produk, merek atau promosi event via layanan sosial media beserta komunitas untuk publisitas secara viral.
SMO melibatkan penggunaan RSS feed, situs bookmarking, sosial media, situs blogging dan sharing video/photo. Secara garis besar SMO serupa SEO, yakni bertujuan menggiring trafik menuju website. Akan tetapi metode ini merupakan bagian tak terpisahkan dari Social Media Marketing.


Manfaat SEO, SEM, SMM & SMO !

 

Tujuan utama pebisnis membangun sebuah website adalah untuk meningkatkan angka penjualan sekaligus mendekatkan diri kepada konsumen. Akan tetapi hal ini akan berjalan sia-sia jika tidak melakukan optimasi SEO, SEM, SMM dan SMO. Ada banyak manfaat yang akan diperoleh setelah melakukan optimasi SEO, SEM, SMM dan SMO sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber.


1.      Trafik kunjungan

SEO, SEM, SMM dan SMO bertujuan meningkatkan jumlah trafik kunjungan dari pengguna internet tertarget, mulai dari mesin pencari hingga sosial media. Empat metode tersebut jauh lebih efektif dan hemat biaya ketimbang email marketing. Dengan penerapan strategi yang tepat, website mungkin saja dibanjiri banyak pengunjung.

2.      Peringkat website

Jika ingin website lebih ramah mesin pencari, maka metode SEO, SEM, SMM dan SMO sangat diperlukan. Peringkat website pada hasil penelusuran untuk kata kunci tertentu semakin terdongkrak naik, bahkan kemungkinan besar berada di urutan teratas apabila semua diterapkan sempurna.

3.      Cepat popular

Cara tercepat menarik perhatian pengguna internet agar mau berkunjung ke website melalui SEO, SEM, SMM dan SMO. Biaya jauh lebih terjangkau dan efektif ketimbang promosi offline via media cetak atau email marketing. Dampak positif pada website bisa dirasakan lebih cepat, meski tergantung dari konten, kata kunci beserta kebiasaan pengguna internet.

4.      Kemudahan analisis

SEO, SEM, SMM dan SMO memungkinkan pemilik website menganalisis serta melacak kebiasaan pengunjung sehingga berpotensi memaksimalkan kata kunci. Dengan demikian pemilik bisa mengetahui langkah dan strategi yang akan diambil karena lebih banyak memperoleh data akurat.

5.      Brand awareness

Tujuan utama SEO, SEM, SMM dan SMO tak sekedar meningkatkan trafik kunjungan, tetapi mendongkrak brand awareness atau kesadaran merek di mata pengguna internet. Semakin tinggi posisi website di mesin pencari atau sosial media, maka lebih banyak kunjungan pengguna internet menuju website. Hal ini turut mempengaruhi angka penjualan.

6.      Promosi efektif

Menguasai metode SEO, SEM, SMM dan SMO mempermudah website dalam mempromosikan produk, konten, press release atau informasi penting yang perlu diketahui oleh konsumen secepat mungkin. Kombinasi empat metode tersebut sangat kuat sehingga berpengaruh besar dalam promosi efektif nan murah.

Seberapa penting SEO, SEM, SMM & SMO?

Jika anda ingin fokus membangun trafik kunjungan dan mendongkrak angka penjualan, maka SEO, SEM, SMM & SMO wajib diterapkan. Jangan hanya terpaku pada satu elemen saja yang cenderung monoton. Trafik dari pengunjung tertarget tak hanya datang dari mesin pencari, namun berasal langsung dari sosial media. Mencicipi empat elemen tersebut mungkin menguras biaya besar, tetapi jauh lebih efektif dan murah ketimbang metode lain, betul tidak?



Referensi
https://www.seon.co.id/apa-itu-seo-sem-smm-smo/
http://seounderdog.blogspot.co.id/2014/05/pengertian-seo-sem-dan-smm.html
http://www.seogereggi.com/