Selasa, 26 Maret 2019

Analisis Penerapan 5 Aspek Bisnis Online Pada Aplikasi Shopee

Latar Belakang

Perkembangan bisnis secara online di Indonesia sekarang sangat pesat, salah satunya dengan melakukan belanja secara online. Belanja online atau e-commerce merupakan salah satu cara berbelanja melalui alat komunikasi elektronik atau jejaring sosial yang digunakan dalam transaksi jual beli, di mana pembeli tidak perlu susah payah datang ke toko untuk melihat dan membeli apa yang mereka cari, hanya tinggal melihat barang yang diinginkan melalui internet kemudian memesan barang sesuai pilihan dan mentransfer uangnya dan kemudian barang tersebut akan dikirim oleh toko onlinetersebut kerumah (Nusarika dan Purnami, 2015).

Toko online atau sering kita sebut e-commerce merupakan bentuk perubahan yang di sajikan oleh internet dari segi inovasi dalam berbelanja dengan memberikan berbagai kemudahan dalam proses transaksinya. Gaya hidup masyarakat yang ikut berubah karena pengaruh dari perkembangan teknologi tersebut, salah satu yang paling mencolok adalah gadget dengan kecenderungan beraktivitas di dunia maya seperti berbelanja secara online atau lebih sering disebut dengan belanja online (Setiowati et al., 2012).

Belanja secara online atau sering disebut dengan e-commerce memiliki beberapa keunggulan yang dapat dirasakan bagi penggunanya seperti tidak perlu keluar rumah ataupun pergi ketempat belanja, yang dibutuhkan hanyalah memesan barang tersebut kemudian barang tersebut akan diantarkan kerumah. Kedua keunggulan yang dirasakan adalah hemat waktu dalam membeli dan hemat bahan bakar untuk berputar-putar dalam hal berbelanja, kita juga dapat mengontrol harga atau membandingkan harga dari beberapa tempat online shop. Ketiga online shop atau e-commerce selalu buka dalam waktu 24 jam, hal inilah yang menguntungkan kita dalam menentukan waktu kapan kita akan belakukan aktivitas online shop. salah satu contoh aplikasi e-commerce adalah Shopee.


APA ITU SHOPEE :

Shopee adalah  platform perdagangan elektronik atau sebuah marketplace atau situs jual beli online yang mempertemukan antara penjual dan pembeli dengan cara yang aman. Saya katakan aman karena sebagai pengguna(pembeli) shopee, ketika melakukan transaksi pembelian barang melalui shopee uang yang anda bayarkan bukan langsung ditransfer ke penjual melainkan ke pihak shopee terlebih dahulu. Uang pembelian baru diterima oleh penjual, jika pembeli sudah benar-benar menerima barang pesanannya.
Sebagai pembeli, anda juga bisa melakukan pembatalan transaksi jika memang barang yang anda pesan tidak kunjung dikirim atau barang tidak sesuai dengan pesanan. Artinya, transaksi di shopee memiliki tingkat keamanan yang tinggi sehingga tidak perlu takut terjadi penipuan.

Analisis dan Pembahasan

Dari prinsip bisnis yang telah dijelaskan sebelumnya, maka akan dilakukan analisis bisnis online yang ada pada aplikasi Shopee terhadap 5 aspek sebagai berikut:


1.Efisien (Biaya)

Bagaimana biaya yang ditawarkan oleh aplikasi Shopee dalam menjangkau konsumen di tengah persaingan pasar saat ini?


2. Efektifitas (waktu)

Bagaimana pengaruh Aplikasi Shopee terhadap kemudahan konsumen dalam melakukan pemesanan/pembelian barang dengan perkembangan teknologi saat ini?

3. Wilayah (jaringan)
Bagaimana akses yang disediakan oleh provider pada aplikasi Shopee untuk memenuhi kebutuhan pengguna di seluruh penjuru tanah air?

4. Struktur

Bagaimana bentuk dari struktur jaringan dari aplikasi Shopee?

5. Peluang (Pasar)

Bagaimana cara Shopee melihat pasar masyarakat Indonesia dalam memenuhi kebutuhan Konsumen?

Kelima aspek tersebut akan menjadi parameter dalam melihat peran aplikasi Shopee dalam menjalankan bisnis di Indonesia. Hasil yang didapat adalah sebagai berikut:

1.     Efisien (Biaya)

Biaya / harga yang diberikan oleh pihak shopee mungkin ada beberapa yang lebih mahal dari pihak lain nya, tetapi harga nya masih terjangkau bagi semua kalangan. Karena nya kita masih bisa menggunakan voucher untuk gratis ongkir yang sering diberikan oleh pihak shopee tetapi dengan ketentuan pihak toko masing-masing dan voucher(kode promo) Cashback untuk menambahkan koin shopee kita dan tukerkan koin shopee yang kita punya untuk memotong total harga dari harga barang yang kita ingin beli. Selain dengan cashback kita juga masih bisa menambahkan koin shopee kita dengan login setiap hari di Menu Reward koin shopee dan memainkan shopee game(Goyang Shopee)

2.     Efektifitas (waktu)

Aplikasi Shopee sangat mudah digunakan oleh konsumen sehingga konsumen lebih memilih membeli lewat shopee dibandingan beli langsung ke took, selain itu konsumen bisa menghemat waktu hnya dengan mendownload nya di playstore bagi hp yang android, itunes bagi pengguna IOS (iPhone), ataupun mengunjungi website https://shopee.co.id/ melalui (PC) sehingga tidak menggangu waktu kerja dll.

3. Wilayah

Layanan Aplikasi Shopee dapat diakses menggunakan internet artinya selama konsumen berada pada jaringan internet provider yang tersedia, maka dimanapun konsumen dapat mengakses aplikasi Shopee baik melalui website ataupun aplikasi mobile.

4. Struktur

Dalam bagian ini akan digambarkan struktur Algoritma dari sebuah alur proses Pembelian menggunakan aplikasi Tokopedia. 


5. Peluang 

Peluang yang di berikan aplikasi Shopee cukup baik dan barang apa saja yang dibutuh kan konsumen penduduk indonesia. sehingga pembelian apapun yang kita cari ada selama yang di cari kebutuhan melalu search engine sesuai, dan bakal memunculkan barang tersebut yang kita cari.

Kesimpulan

Perkembangan bisnis secara online di Indonesia sekarang sangat pesat, salah satunya dengan melakukan belanja secara online. Shopee menjadi salah satu dari beberapa usaha bisnis online yang memanfaatkan perkembangan teknologi dengan membuat konsumen lebih mudah dalam melakukan pembelian dimana pun selama konsumen memiliki jaringan internet yang memadai.

Referensi :

http://anggasapputra.blogspot.com/2018/03/deskriptif-dan-flowchart-pembelian.html
https://shopee.co.id/