Latar Belakang
Perkembangan bisnis secara online di
Indonesia sekarang sangat pesat, salah satunya dengan melakukan belanja
secara online. Belanja online atau e-commerce merupakan
salah satu cara berbelanja melalui alat komunikasi elektronik atau jejaring
sosial yang digunakan dalam transaksi jual beli, di mana pembeli tidak perlu
susah payah datang ke toko untuk melihat dan membeli apa yang mereka cari,
hanya tinggal melihat barang yang diinginkan melalui internet kemudian memesan
barang sesuai pilihan dan mentransfer uangnya dan kemudian
barang tersebut akan dikirim oleh toko onlinetersebut kerumah
(Nusarika dan Purnami, 2015).
Toko online atau sering kita sebut e-commerce merupakan
bentuk perubahan yang di sajikan oleh internet dari segi inovasi dalam
berbelanja dengan memberikan berbagai kemudahan dalam proses transaksinya. Gaya
hidup masyarakat yang ikut berubah karena pengaruh dari perkembangan teknologi
tersebut, salah satu yang paling mencolok adalah gadget dengan
kecenderungan beraktivitas di dunia maya seperti berbelanja secara online atau
lebih sering disebut dengan belanja online (Setiowati et
al., 2012).
Belanja secara online atau sering disebut
dengan e-commerce memiliki beberapa keunggulan yang dapat
dirasakan bagi penggunanya seperti tidak perlu keluar rumah ataupun pergi
ketempat belanja, yang dibutuhkan hanyalah memesan barang tersebut kemudian
barang tersebut akan diantarkan kerumah. Kedua keunggulan yang dirasakan adalah
hemat waktu dalam membeli dan hemat bahan bakar untuk berputar-putar dalam hal
berbelanja, kita juga dapat mengontrol harga atau membandingkan harga dari
beberapa tempat online shop. Ketiga online shop atau e-commerce selalu
buka dalam waktu 24 jam, hal inilah yang menguntungkan kita dalam menentukan
waktu kapan kita akan belakukan aktivitas online shop. salah
satu contoh aplikasi e-commerce adalah Shopee.
APA ITU SHOPEE :
Shopee
adalah platform perdagangan
elektronik atau sebuah marketplace atau situs
jual beli online yang mempertemukan antara penjual dan pembeli dengan cara yang
aman. Saya katakan aman karena sebagai pengguna(pembeli) shopee, ketika
melakukan transaksi pembelian barang melalui shopee uang yang anda bayarkan
bukan langsung ditransfer ke penjual melainkan ke pihak shopee terlebih dahulu.
Uang pembelian baru diterima oleh penjual, jika pembeli sudah benar-benar
menerima barang pesanannya.
Sebagai pembeli, anda juga bisa melakukan
pembatalan transaksi jika memang barang yang anda pesan tidak kunjung dikirim
atau barang tidak sesuai dengan pesanan. Artinya, transaksi di shopee memiliki
tingkat keamanan yang tinggi sehingga tidak perlu takut terjadi penipuan.
Analisis
dan Pembahasan
Dari prinsip bisnis yang telah dijelaskan sebelumnya, maka
akan dilakukan analisis bisnis online yang ada pada aplikasi Shopee terhadap 5
aspek sebagai berikut:
1.Efisien (Biaya)
Bagaimana biaya yang ditawarkan oleh
aplikasi Shopee dalam menjangkau konsumen di tengah persaingan pasar saat ini?
2. Efektifitas (waktu)
Bagaimana pengaruh Aplikasi Shopee
terhadap kemudahan konsumen dalam melakukan pemesanan/pembelian barang dengan
perkembangan teknologi saat ini?
3. Wilayah (jaringan)
Bagaimana akses yang disediakan oleh
provider pada aplikasi Shopee untuk memenuhi kebutuhan pengguna di seluruh
penjuru tanah air?
4. Struktur
Bagaimana bentuk dari struktur
jaringan dari aplikasi Shopee?
5. Peluang (Pasar)
Bagaimana cara Shopee melihat pasar masyarakat Indonesia dalam memenuhi kebutuhan Konsumen?
Bagaimana cara Shopee melihat pasar masyarakat Indonesia dalam memenuhi kebutuhan Konsumen?
Kelima aspek tersebut akan menjadi
parameter dalam melihat peran aplikasi Shopee dalam menjalankan bisnis di Indonesia.
Hasil yang didapat adalah sebagai berikut:
1. Efisien (Biaya)
Biaya / harga yang
diberikan oleh pihak shopee mungkin ada beberapa yang lebih mahal dari pihak
lain nya, tetapi harga nya masih terjangkau bagi semua kalangan. Karena nya
kita masih bisa menggunakan voucher untuk gratis ongkir yang sering diberikan
oleh pihak shopee tetapi dengan ketentuan pihak toko masing-masing dan
voucher(kode promo) Cashback untuk menambahkan koin shopee kita dan tukerkan
koin shopee yang kita punya untuk memotong total harga dari harga barang yang
kita ingin beli. Selain dengan cashback kita juga masih bisa menambahkan koin
shopee kita dengan login setiap hari di Menu Reward koin shopee dan memainkan
shopee game(Goyang Shopee)
2. Efektifitas (waktu)
Aplikasi Shopee sangat mudah digunakan oleh konsumen
sehingga konsumen lebih memilih membeli lewat shopee dibandingan beli langsung
ke took, selain itu konsumen bisa menghemat waktu hnya dengan mendownload nya
di playstore bagi hp yang android, itunes bagi pengguna IOS (iPhone), ataupun
mengunjungi website https://shopee.co.id/ melalui (PC) sehingga tidak menggangu
waktu kerja dll.
3. Wilayah
Layanan Aplikasi Shopee dapat diakses menggunakan
internet artinya selama konsumen berada pada jaringan internet provider yang
tersedia, maka dimanapun konsumen dapat mengakses aplikasi Shopee baik melalui
website ataupun aplikasi mobile.
4. Struktur
Dalam bagian ini akan digambarkan
struktur Algoritma dari sebuah
alur proses Pembelian menggunakan aplikasi Tokopedia.
5. Peluang
Peluang yang
di berikan aplikasi Shopee cukup baik dan barang apa saja yang dibutuh kan
konsumen penduduk indonesia. sehingga pembelian apapun yang kita cari ada
selama yang di cari kebutuhan melalu search engine sesuai, dan bakal
memunculkan barang tersebut yang kita cari.
Kesimpulan
Perkembangan bisnis secara online di
Indonesia sekarang sangat pesat, salah satunya dengan melakukan belanja
secara online. Shopee menjadi salah satu dari beberapa usaha
bisnis online yang memanfaatkan perkembangan teknologi dengan membuat konsumen
lebih mudah dalam melakukan pembelian dimana pun selama konsumen memiliki jaringan
internet yang memadai.
Referensi :
http://anggasapputra.blogspot.com/2018/03/deskriptif-dan-flowchart-pembelian.html
https://shopee.co.id/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar